Grammar 7th : Noun Classification

Klasifikasi Kata Benda dalam Kaidah Grammar English

0
53

Noun Classification atau klasifikasi kata benda dalam kaidah bahasa inggris dibagi menjadi berdasarkan jumlahnya, berdasarkan wujudnya dan berdasarkan karateristiknya. Berdasarkan jumlahnya, dibagi menjadi singular noun (kata benda tunggal) dan Prural Noun (Kata Benda Jamak).

Berdasarkan wujudnya, kata benda dibagi menjadi kata benda concrete (nyata) dan kata benda abstract (tidak nyata). Berdasarkan karateristiknya, kata benda dibagi menjadi countable noun (kata benda yang dapat dihitung) dan uncountable noun (Kata benda yang tidak dapat dihitung).

Noun atau kata benda adalah kata yang menunjukkan benda baik yang dilihat maupun tidak, serta kata bukan benda yang dibendakan. Contoh Kata Benda yang dapat dilihat : Buku (book), botol (Botle). Contoh kata benda yang tidak dapat dilihat : wind (angin), light (Cahaya). Contoh kata bukan benda yang dibendakan : Depth (Kedalaman) berasal dari kata sifat deep (Dalam), Agreement (Persetujuan) berasal dari kata kerja agree (Setuju).

Untuk Lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.

Noun Classification berdasarkan Jumlahnya

  1. Singular Noun (Tunggal)

Singular noun adalah kata benda yang jumlahnya tunggal atau satu. Contohnya : woman (Wanita), pencil (pensil), child (anak).

  1. Prural Noun (Jamak)

Prural Noun adalah kata benda yang jumlahnya jamak atau banyak. Contohnya : women (wanita-wanita), pencils (pensil-pensil), children (anak-anak).

Sekilas untuk membedakan prural dan singular adalah melihat akhiran –s atau –es yang terdapat pada prural noun dan tidak terdapat pada singular noun. Namun ada beberapa pola yang irreguler dan tidak memakai kaidah akhiran –s dan –es. Untuk bagaimana cara membentuknya secara detile, akan dibahas di artikel dan pembahasan berikutnya.

Noun Classification berdasarkan Wujudnya

  1. Concrete Noun (Kata Benda Nyata)

Concrete Noun adalah kata benda asli yang dapat dilihat. Contohnya : Stewardeness (Pramugari), Waitress (Pelayan), Motorcycle (Sepeda Motor), Ball (Bola) dan lainnya.

  1. Abstract Noun (Kata Benda tidak Nyata)

Abstract noun adalah  kata benda yang tidakd apat di lihat dan pegang tetapi dapat dirasakan keberadaannya. Contoh : wind (Angin), Happiness (Kebahagiaan), trustworthiness (suatu yang dapat dipercaya), laziness (Kemalasan), dan lainnya.

Noun Classification Berdasarkan Karateristiknya

  1. Countable Noun

Countable Noun adalah kata benda yang dapat dihitung berapa jumlahnya dan biasanya termasuk concrete noun. Contoh : tiger (harimau), student (murid), car (Mobil), Fish (Ikan), tooth (gigi) dan lainnya.

  1. Uncountable Noun

Uncountable Noun adalah kata benda yang tidak dapat dihitung dan biasanya termasuk abstract noun atau jumlahnya yang sangat kecil. Contohnya : sand (pasir), water (air), money (uang), air (udara), health (kesehatan), Readiness (Kesiapan), Craziness (Kegilaan) dan lainnya.

Untuk bagaimana membentuknya, akan dibahas di artikel berikutnya.

Oleh : Mrs. NH

Summary